Friday 2 August 2024

Huru hara olimpiade! Benarkah kali ini Tunggal putri lawan ganda putra putri?!

August 02, 2024 4

Pembukaan olimpiade yang berlangsung  di paris kali ini nyatanya sudah menyita banyak kecaman, tentu selalu ada banyak pro kontra dalam penyelengaraan olimpiade namun kali ini terlalu awal untuk dilihat, tepatnya di kala opening, sehingga dari awal kesan pertama sudah bikin eneg. alias di banjirin kritikan.

Angela carini menyerah dalan hitungan detik kala melawan imane khelif sambil menangis

            Persoalan pembukaan yang dianggap mencedarai suatu agama ternyata belum cukup, olimpiade kali ini kembali viral dengan topik barunya yang dianggap meloloskan atlet dengan “kondisi berbeda” yaitu seorang atlet Perempuan dengan kondisi yang mempunyai kromoson  unik laki-laki sederhananya bisa disebut sebagai kasus langka yang dianggap tidak seimbang. Ya mungkin dianggap sejenis tunggal putri lawan "ganda putri putra" vibesnya

          Atlet dalam cabang olahraga boxer ini berasal dari aljazair dengan nama Imane Khelif ia terlahir sebagai seorang perempuan dan bukan seorang trans hal inilah yang menyebakan pro kontra perihal diloloskannya dalam kompetisi kali ini, karena dianggap tidak mencedarai kompetisi, namun pada kasus lain ialah Imane Khelif ini mempunyai kromoson dan testereon yang tinggi yang menunjukan indikasi ke arah laki-laki sehingga secara fisik dan kekuatan seimbang dengan laki-laki. Ini membuat keributan  kala lawan tanding yang kala itu berasal dari itali menyerah sembari menangis dalam hitungan ke 48 detik setelah mendapat satu kali pukulan dari imane yang dianggapnya sangat jauh dari pengalaman boxer yang pernah di laluinya kala melawan wanita dengan kasus normal. Namun pihak lawan menyebut memang atlit dari itali ini lemah dan terlalu dramatis karena imane juga pernah kalah.
         Info kontra lainnya menyebut jikalau imanef juga pernah di diskualifikasi karena kondisinya gagal tes kelayakan gender yang dilakukan oleh IBA (Asosialsi tinju Internasional)  bahkan pernah pada kondisi beberapa jam sebelum pertandingan dalam perebutan medali emas di kejuaraan dunia di wanita yang di selengarakan di New delhi pada 2023 lalu, karena pada beberapa cabang olahraga memang membatasi kadar testereon yang ada pada wanita pada kondisi tertentu. mungkin bisa di tolerir semisal pada kasus cabang olahraga panah, tapi kasus judo hingga boxer ini benar suatu yang fatal karna info tertera kejadian langka yang menimpa imanef ini membuatnya mempunya karakterisitik laki sekalipun ia terlahir sebagai perempuan dann mengalami haid layanya normal wanita, namun sisi uniknya ia memiliki kromoson XY sehingga memicu gelombang reaksi karena  banyak kebingungan yang terjadi. Terkhusus kasus seperti ini juga membuat orang berasumsi jauh ke gerbang pelegalan tran5gen jikalau di loloskan karena adanya skandal kompetisi pernah terjadi secara blakblakan  yaitu trans dengan Perempuan tulen. 
  Nah adapun kasus putri lawan "semi putra putri" secara sadar dan tidak sadar  teryata pernah terjadi.  

Lia Thomas Sang ganda putra putri

                Berkarir sebagai atlit perenang laki-laki membuat posisinya selalu berada di urutan terakhir, siapa sangka ketika berubah menjadi trans ia langsung menjadi urutan pertama. LIA THOMAS dikenal sebagai  perenang transgen pertama yang bisa bersaing dengan perempuan tulen dan memenangkan kompetisi setelah berulang kali kalah dalam pertandingan tulen laki-lakinya, Tentu perdebatan ini cukup membuat isu trans semakin panas, privilege yang mereka dapat terlalu besar bahkan dengan kondisi fisik murni masih laki-laki ia bisa berganti pakaian di ruang yang sama dengan Perempuan. Hanya dengan dalih saya merasa dalam diri saya sebenarnya adalah “wanita”

sumber  instagram @wokeworldwar

      Kasus ini cukup ramai menyita perhatian publik kala itu. tentunya ini menjadi pemaksaan dalam kompetisi untuk menerima kekacauan yang mereka buat sendiri. Maksutnya kenapa tidak bersaing sesama trans saja atau yang mempunyai testereon yang seimbang, buat aturan layaknya timbangan untuk cabang olahraga tertentu layaknya judo dan sejenisnya. Kenapa harus memaksakan? Kasarnya demi menyenangkan satu kelompok  dan dianggap open minded maka korbankan satu bangsa dan kepercayaan publik.  

Aprilia Manganang         
      Kasus “putra putri ganda” seperti ini pernah juga  pernah terjadi di negara kita, tepatnya pada cabang olahrga voli yang  ternyata sang atlet yang bernama Aprilia manganang dengan data sebagai anggota tim voli perempuan dan sempat viral, bertransisi menjadi laki-laki pasca pensiun. Kasus kali ini juga berbeda dimana mulanya ia murni dibesarkan dilingkunganya sebagai seorang Perempuan karena tidak ada yang menyadari jikalau ia mendapat diagnosis kelainan hipospadia atau bahasa sederhanya alat vital kurang berkembang jadi tidak ada yang paham dan ia menyelami diri sebagai perempuan walaupun berapa kondisi fisik mulai mengarah ke lelaki kala melewati masa pubertas. Jadi kasus seperti ini memang jarang orang kenali sehingga ia pun murni bertindak layaknya putra putri  dalam cabang olahrga ya digelutinya. Sederhanya  memang murni laki tapi bermain sebagai gender perempuan.

                 

sumber instagram @manganang92
Nah setelah mencerna seksama kalian tim pro atau kontra dengan imanef ini?


Thursday 1 August 2024

Alasan jurusan jurnalistik menjadi jurusan yang paling banyak disesali.

August 01, 2024 5

Perkembangan era 4.0 yang  semakin karib dengan media membuat  jurusan jurnalis menjadi salah satu  bidang yang semakin ramai di minati, namun bercermin sejenak dari pengalaman literasi dan pribadi. nyatanya jurusan jurnalistik ini menjadi salah satu jurusan yang paling banyak disesali. lantas kenapa bisa demikian ya.. nah berikut faktanya dari pengalaman saya dan teman seperjuangan yang telah berkarir : 
  • Seorang jurnalis tidak harus kuliah di jurusan jurnalistik.
     Faktanya seorang wartawan, reporter hingga segala profesi yang berada di ranah jurnalis bisa di dapatkan dari beragam jurusan selama mempunyai passion yang mendukung bagian jurnalis, seperti publik speaking yang bagus bisa menjadi reporter, kemampuan design bisa menjadi ilustrator begitupun pada orang-orang yang mempunyai kemampuan dalam menulis yang baik. jurusan jurnalistik ini bisa diraih sebagai passion sekiranya punya usulan minat  kuliah di jurusan yang lain. Beda dengan kasus jurusan hukum yang mana ketika ingin menjadi seorang lawyer atau hakim, mereka memang dipersiapkan dengna matang jadinya gk pernah ketemu hakim lulusan komunikasi. 

  • Prospek Karir Yang Banyak Saingan.
Menjurus pada kasus pertama, kita jadi tahu peluang di dunia jurnalis terbuka lebar untuk semua golongan tanpa melihat lulusan apa, tentunya hal ini membuat daya saing semakin tinggi, sehingga prospek berkarir semakin sulit, kita bersaing dengan anak dari beragam latar jurusan tentu merasa effort kuliah jadi menurun kan? terutama kasus seperti ini membuat loker semakin berani menaruh harga yang agak bikin dompet kurang gizi, kasarnya sumber daya melimpah jadi war loker.

  • Gaji yang dramatis tapi resiko bisa bikin kritis
Saya sempat shock mendengar cerita teman perihal gaji 15 ribu perberita, baca "media lokal yang kecil"  karena ini mentok untuk bensin berarti. Sedangkan dia sampai di teror sama salah satu keluarga politikus karena  menulis berita dengan memampang jelas wajah pelaku "pemakai" (pahamlah maksutnya kemana) yang tertangkap tangan. Agak khawatir gaji gk seberapa tapi efek bisa kenapa-kenapa, belum lagi baca berita wartawan yang di bakar rumahnya dengan sekeluarga setelah mengungkapkan kasus jvd1 yang di lakukan oleh "orang besar". merinding ingat resiko, bisa dikata kebablasan ini jadinya. bayangin aja sekalipun gaji 10 juta kalau nyawa taruhan mending ternak lelel sih.  

  • Kondisi Kerja yang Tidak Stabil
Saya bertanya kepada salah satu teman saya yang bekerja di industri media nasional, kenapa tiba-tiba dia berpikiran ingin ikut Cpns. padahal gajinya cukup aman sudah, dan jawabnya cukup masuk akal, bekerja di swasata layaknya di media tidak menjamin kestabilan pekerjaan, sekalipun bukan kontrak atau freelance (namanya juga swasta ya), nyatanya industri media mengalami perubahan setiap waktu sebagai contoh semakin lama orang-orang mulai meninggalkan koran sehingga mengurangi peluang pemasukan dana, hal ini membuat pengurangan karyawan sekalipun media sudah beradaptasi sesuai zaman juga. perkembangan digital membuat kita harus mengakali cara dengan beragam jenis resiko, baik gaji karyawan yang seharga bensin maupun pengurangan karyawan jadi sangat tidak stabil untuk kantong hingga mental para jurnalisnya sendiri. terlihat kejam ya tapi begitulah kejadian di lapangan.

        Nah jadi gimana buat para calon mahasiswa yang masih bingung masuk jurusan apa sudah siap resiko jika melirik jurusan ini? bagi yang suka tantangan aman sih karena terlepas dari minus ada plusnya juga yang bakal kita ulik di sesi lain, tapi buat yang memang asal-asal karena gk tahu milih apa mending skip duluan sayang umur dan energi.. 
 
#wartawan #jurnalisme #jurnalistik #media #industrimedia